Mengenal Berbagai Bahan Tenda

dewatenda.com – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bahan tenda, untuk lebih detailnya simak artikel berikut.

Credit By : https://duniatenda.net/

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Tenda

Tenda terbuat dari berbagai jenis bahan. Tapi, hanya ada segelintir kain yang paling sering digunakan. Dan, tentu saja, setiap jenis kain memiliki seperangkat pro dan kontra sendiri.Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari apa bahan tenda tersebut, untuk apa setiap jenis paling baik digunakan, dan kain mana yang terbaik untuk gaya berkemah Anda.

Tenda dapat dibuat dengan berbagai jenis kain. Secara historis, mereka menggunakan kapas, yang juga dikenal sebagai kanvas. Meskipun ini melayani tujuan membuat tenda kokoh, mereka cukup berat dan rentan mengalami masalah jamur dan jamur.

Maju cepat hingga hari ini, dan tenda yang Anda lihat sebagian besar terbuat dari serat buatan manusia yang lebih ringan, seperti poliester dan nilon. Bahan-bahan ini selanjutnya diperlakukan untuk membuatnya tahan air dengan menambahkan lapisan poliuretan atau dengan memiliki impregnasi silikon. Jadi, menjadi layak bagi Anda untuk menggunakan ini saat berkemah, bahkan selama kondisi cuaca yang keras.

Sekarang, perawatan ini dapat membuat tenda tahan air, tetapi mereka tidak sepenuhnya melindungi mereka dari sinar UV yang berbahaya. Akhirnya, kain tipis akan rusak jika sangat terkena sinar UV.

Meskipun kami mencakup pro dan kontra dari berbagai kain dalam daftar bahan tenda kami di bawah ini, Anda kemungkinan besar akan berakhir memilih tenda yang terbuat dari nilon atau polyester.

  • Bahan Canvas

Credit By : https://sgs-online.blogspot.com/

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kanvas adalah asli dan pada satu waktu, satu-satunya kain yang digunakan untuk membuat tenda. Bahkan saat ini, kanvas kapas adalah pilihan premium untuk tenda berkemah, tetapi mereka mungkin terbukti cukup berat di buku saku Anda. Jadi, kebanyakan orang tidak lebih suka kanvas hanya karena aspek anggaran.

Namun, tenda kanvas kapas adalah pilihan yang bagus di dunia perkemahan saat ini, karena serat kapas memungkinkan mereka bernapas dengan baik di siang hari, memberi Anda kenyamanan tanpa pengap. Pada malam hari, tenda kanvas menahan panas secara efektif. Fitur lapak ini mencegah pengumpulan tetesan air dan kondensasi.

Tenda kanvas akan bertahan lama dengan perawatan yang tepat, dan mereka bahkan tahan terhadap sebagian besar kondisi cuaca.

Namun, selain dari biaya, satu kelemahan yang kami bicarakan di atas adalah bahwa kanvas cukup berat. Mereka akan menjadi beban yang nyata jika Anda mendaki atau backpacking dengan satu di punggung Anda.

  • Polyester

Polyester bisa dibilang kain tenda paling populer di pasaran saat ini dan dianggap sebagai standar baru. Polyester pada dasarnya adalah serat sintetis yang berasal dari minyak bumi yang menawarkan daya tahan dan keterjangkauan pada saat yang sama. Jika dirancang dengan denier yang lebih tinggi (ukuran yang digunakan untuk menentukan kepadatan kain – biasanya lebih tinggi lebih baik), bahan ini berpotensi untuk menangani berbagai kondisi cuaca dan lanskap berkemah. Jika mendapat air mata, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah dalam waktu singkat.

bertentangan dengan tenda kapas, tenda poliester sangat ringan beratnya. Kain yang lebih ringan membuatnya lebih mudah dikelola. Mereka juga lebih terjangkau daripada tenda kapas konvensional. Bahkan tenda poliester berkualitas tinggi dengan fitur canggih akan dikenakan biaya kurang dari tenda kapas sederhana tanpa aksesori tambahan. Di atas semua itu, ia memiliki kapasitas melindungi Anda dan tenda dari sinar UV berbahaya dari matahari.

Demikianlah penjelasan tentang bahan tenda, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!
WhatsApp us